Tutorial cara mengatasi Memori HP yang penuh


Cara mengatasi Memori hp yang penuh



Tutorial Mengatasi Memori Penuh di Android


Banyak pengguna smartphone yang mengeluh memori ponselnya penuh. Memori ponsel ibarat otak manusia yang bisa menyimpan data atau file. Meski ukurannya kecil, tapi penyimpanannya sangat besar. Memori akan penuh jika data yang disimpan terlalu banyak, dan akan menyebabkan lambatnya performa dan kinerja smartphone. Untuk itu wajib tutorial mengatasi memory full di android agar tidak lag.

Memori ponsel terbagi menjadi dua jenis, yaitu memori internal dan eksternal. Memori internal merupakan memori bawaan ponsel, sedangkan memori eksternal adalah memori tambahan yang yang bisa dicustom sesuai kebutuhan. Lalu, bagaimana jika memori internal ponsel sudah penuh?


Tutorial Mengatasi Memori Penuh di Android


Sebelum mengikuti tutorial mengatasi memori penuh di Android. Ketahui beberapa aplikasi yang sedang digunakan, karena biasanya aplikasi tersebut terkadang tidak terlalu dibutuhkan. Perhatikan juga aplikasi yang menggunakan banyak memori. Berikut cara memperbaiki memori ponsel jika sudah sangat penuh.


1. Bersihkan cache secara rutin


Salah satu cara untuk mengatasi memori penuh adalah dengan membersihkan cache aplikasi secara teratur. Cache sendiri adalah sisa data yang tidak digunakan. Jadi, bagaimana melakukan ini? Pertama pergi ke bagian "pengaturan". Selanjutnya tentukan menu "manajemen aplikasi". Jika sudah login, klik semua aplikasi yang sering diakses. Terus klik menu "storage usage". Dan di dalamnya ada opsi "clear cache", klik menu.


2. Hindari menginstal aplikasi berat


Playstore sebenarnya memiliki beragam aplikasi dan game yang seringkali membantu. Sayangnya, seringkali pengguna smartphone tidak menyadari bahwa aplikasi yang diinstal memakan banyak memori. Untuk alasan ini, disarankan untuk melacak aplikasi alternatif lain yang memiliki ukuran file lebih kecil sebelum mengunduhnya.


3. Beralih ke Whatsapp


Hampir semua pengguna smartphone menggunakan aplikasi Whatsapp. Untuk itu, cara mengatasi memori penuh di Android selanjutnya adalah dengan beralih ke Whatsapp. Yang pertama matikan auto download dari fasilitas ke whatsapp. Karena jika tidak dimatikan, jika tersedia yang mengirim foto atau video bisa langsung diunduh. Secara otomatis juga bisa mengisi memori internal ponsel.

Yang kedua adalah membackup chat dan fasilitas ke Google drive. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika memori penuh atau menghapus beberapa file dari WhatsApp. Jika Anda ingin melacak file, cukup kunjungi Google Drive dan data yang disimpan tidak dapat hilang.


4. Pindah ke memori eksternal


Memori internal penuh karena banyaknya aplikasi yang diinstal. Untuk itu ada dua cara agar tidak terlalu penuh, yang pertama dengan cara menguninstall aplikasi dan memindahkan aplikasi ke memori eksternal. Sebelum memindahkan beberapa aplikasi, pastikan memori yang digunakan cukup besar dibandingkan dengan memori internal.


Dan cara memindahkan aplikasi ke memori eksternal beserta setting atau pengaturannya. Setelah itu tentukan pengaturan tambahan. Buka manajemen aplikasi dan klik instal. Pilih aplikasi yang ingin Anda pindahkan, ketuk aplikasi dan pilih opsi untuk pindah ke memori eksternal atau kartu SD.


5. Atur wilayah penyimpanan foto kamera


Tutorial terakhir untuk mengatasi memori penuh adalah dengan mengatur area penyimpanan foto kamera. Pindahkan wilayah dari memori internal ke memori eksternal. Jadi, saat memotret foto, secara otomatis disimpan ke memori eksternal atau kartu SD. Caranya sambungkan ke aplikasi kamera, lalu cari menu setting. Ubah area penyimpanan dari internal ke kartu SD.


6. Gunakan jumlah Aplikasi seminimal mungkin


Jumlah aplikasi terkadang berpengaruh terhadap performa smartphone banyak aplikasi terkini yang berjalan di latar belakang tanpa kita ketahui, dan kita harus sering mengecek aplikasi tersebut agar tidak menurunkan performa smartphone, sekarang banyak aplikasi multifungsi yang bisa menggantikan beberapa aplikasi menjadi hanya satu aplikasi seperti doc, pdf, editor dan aplikasi pengetikan yang menjadi satu.


Tutorial mengatasi memori penuh pada ponsel bisa diterapkan jika smartphone yang digunakan menjadi lemot, namun pada ponsel keluaran baru internal bukanlah menjadi masalah lagi namun dengan internal yang besar aplikasi terkini juga memakan kapasitas yang tidak sedikit, Setelah tutorial jelas, diinginkan agar ponsel yang digunakan kembali normal saat digunakan. Semoga bermanfaat.


Posting Komentar untuk "Tutorial cara mengatasi Memori HP yang penuh"