Cara Menginstal MikroTik RouterOS Pada Komputer x86

Cara menginstal Mikrotik
Design By Macrovector


MikroTik RouterOS - Sistem operasi MikroTik RouterOS dapat diinstal pada komputer x86 dengan cara berikut: menggunakan disk boot atau menggunakan utilitas Netinstall, yang memungkinkan Anda untuk menginstalnya dari jarak jauh melalui jaringan.

Pada artikel mikrotik routerOS, kita akan melihat instalasi umum menggunakan disk yang dapat di-boot, karena tidak semua motherboard mendukung boot jaringan. Menginstal RouterOS akan menghapus semua data dari hard drive Anda.

Menginstal MikroTik RouterOS Pada Komputer x86

Hanya sistem operasi RouterOS yang diinstal yang dapat digunakan pada hard disk. Tidak mungkin melakukan pemuatan paralel dalam MikroTik RouterOS. Kunci lisensi RouterOS akan diikat ke hard drive. Oleh karena itu, lepaskan drive tambahan yang mungkin dibersihkan selama instalasi.

Bagaimana Cara Menginstal MikroTik RouterOS?

Persyaratan instalasi

·         Untuk menginstal sistem operasi RouterOS, Anda memerlukan:

·         Komputer x86 dengan prosesor 100 MHz atau lebih tinggi, setidaknya 32 MB RAM, setidaknya 64 MB hard disk;

·         CD ROM

·         CD-R atau CD-RW

·         Citra ISO dari sistem operasi RouterOS

·         program untuk membakar gambar ISO.

Menginstal RouterOS

·         Masuk ke website MikroTik. Pilih x86, klik tautan CD Image dan unduh image CD dari sistem operasi.

·         Di Windows, ini dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak pembakar disk apa pun. Di sistem operasi Ubuntu, pembakar disk dibangun ke dalam sistem.

·         Untuk menulis citra ISO, klik kanan pada file .iso dan pilih Write to Disk. Setelah proses burning, Anda akan menerima bootable disk dengan MikroTik RouterOS.

·         Selanjutnya, di BIOS komputer, konfigurasikan boot dari cakram optik dan masukkan cakram yang dibakar ke dalam CD-ROM.

·         Setelah memulai ulang perangkat, Akan muncul paket RouterOS yang akan diinstal.

·         Pilih paket yang ingin Anda instal. Semua paket dapat dipilih dengan mengklik tombol. Tombol M Pilih minimum dan tekan tombol i untuk menginstal RouterOS.

·         Saat keluar tulisan ingin menyinpan pengaturan lama, Kemudian Anda akan diperingatkan bahwa semua data di hard disk akan terhapus. Peringatan: semua data di disk akan terhapus,Tekan y .

·         Proses instalasi akan dimulai. Setelah selesai, tekan ENTER untuk me-restart komputer Anda.

·         Selanjutnya, keluarkan disk instalasi dari CD-ROM dan konfigurasikan BIOS untuk boot dari hard disk.

·         Setelah berhasil mem-boot MikroTik RouterOS dari hard disk, akan muncul jendela dengan input nama pengguna dan kata sandi. Admin login standar tanpa kata sandi.

·         Di jendela yang terbuka, pengidentifikasi penginstalan ID perangkat lunak akan ditunjukkan . Ini digunakan untuk membeli lisensi RouterOS Level4 , Level5 atau Level6 .

Anda memiliki 24 jam untuk membeli lisensi. Waktu dihitung saat komputer dihidupkan. Setelah 24 jam, Anda tidak akan dapat menggunakan sistem operasi RouterOS tanpa kunci. Oleh karena itu, jika Anda akan membeli lisensi RouterOS, tuliskan ID perangkat lunak dan matikan komputer Anda sampai Anda membeli kunci.

Setting pengaturan RouterOS x86

Ketika jendela Package Options muncul, tekan I dan jawab N dan sudah tersimpan di pengaturan. Dan sekali lagi cek apakah sudah tersimpan atau tidak agar tidak merubah settingan yang sudah kalian save.

Selain Berguna untuk mengontrol dan memanajemen Jaringan mikrotik juga mempunyai fitur yaitu netwatch sebagai tool untuk mengecek suatu ip apakah ip tersebut aktif atau tidak dan netwatch ini bisa disandingkan dengan bot telegram yang multifungsi.

Semuanya, beginilah cara kerja instalasi Mikrotik Router OS. Selanjutnya, RouterOS hanya dikonfigurasi, yang membutuhkan waktu yang sangat sedikit. Sangat mudah untuk mengatur parameter router menggunakan Winbox.

Kami berharap petunjuk kami akan membantu Anda dalam memecahkan masalah cara menginstal RouterOS di Mikrotik. Demikian artikel yang kami buat tentang mikrotik routerOS, semoga artikel ini bermanfaat dan selalu update tentang pembaruan teknologi.



Posting Komentar untuk "Cara Menginstal MikroTik RouterOS Pada Komputer x86"