10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Terbaru

cara mengatasi hp panas batre tanam

Hampir semua aktivitas yang kita kerjakan saat ini bisa dilakukan dengan Handphone dari kegiatan rumah tangga, bekerja, berbelanja dan bermain game pun bisa dilakukan dengan Handphone, dengan kemampuan handphone yang kian berkembang penggunaannya pun jauh lebih sering dan tidak akan lepas dari genggaman tangan.

Dengan seringnya Handphone terpakai tak serta merta menguntungkan kita dimana penggunaan baterai dan resource dari HP tersebut menjadi lebih besar yang mengakibatkan panasnya Hp ketika dipegang terutama kegiatan bermain Game yang menguras baterai, sebenarnya saat ini banyak para pengembang HP berlomba - lomba membuat terobosan yang mengurangi jumlah panas yang dihasilkan oleh Penggunaan HP yang berlebih seperti yang ada dalam HP Asus ROG phone 5 yang memiliki Sistem pendingin struktur termal optimal yang menampilkan CPU terpusat dengan baterai yang terbagi menjadi dua bagian yang masing-masing terletak di setiap sisi CPU, tak hanya itu seri ROG Phone 5 juga tersedia sebuah aksesoris yang berfungsi mendinginkan dengan sebuah kipas ketika terpasang di HP tersebut, canggih bukan.

Cara Mengatasi HP Android Cepat

penyebab hp panas

Dengan penggunaan ponsel yang terus menerus, sebenarnya wajar saja jika membuat ponsel cepat panas. Namun bagaimana jika hp yang sudah lama digunakan sudah terasa panas? Tentu ada hal lain yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa tips mengatasi HP yang cepat panas dan penjelasannya.

1. Batasi penggunaan ponsel Android

Saat ini, ponsel sebenarnya sudah dilengkapi fasilitas canggih agar dapat digunakan dengan nyaman.salah satunya adalah sistem yang mengoptimasi panas yang dikeluarkan oleh ponsel ketika digunakan. Hp android cepat panas karena terlalu sering digunakan menyebabkan Ram dan sistem penggerak harus bekerja ekstra. Begitu juga dengan baterai.
Karena Anda harus membatasi penggunaan HP untuk hal-hal tertentu. Terutama untuk yang berhubungan dengan pekerjaan saja. Kurangi penggunaan HP yang terkesan tidak terlalu penting seperti bermain Game. Gunakan hp selama beberapa jam kemudian coba matikan selama 30 menit untuk mengistirahatkannya, cara ini sangat efektif untuk menghindari hp android overheat.

2. Periksa baterai lagi

Penggunaan handphone di yana menjadi salah satu penyebab hp android cepat panas. Oleh karena itu, sebaiknya periksa kembali kondisi baterai ponsel. Karena jika kondisinya terlalu panas maka akan menyebabkan semua alat penunjang handphone menjadi rusak. Selain itu, bisa juga terjadi kerusakan pada baterai ini yang merupakan bawaan dari pabrik.
Lakukan panggilan ke *#*#4636#*#* untuk mengetahui kondisinya. Setelah menekan tombol, info baterai akan muncul. Kemudian pilih suhu baterai lihat berapa suhunya. Jika suhu melebihi 45 derajat, bisa dipastikan ada masalah dengan kondisi baterai.


3. Pilih Casing HP dari Bahan Tahan Panas

Lakukan pemeriksaan pada casing ponsel. Karena penggunaan casing yang tidak sesuai akan menyebabkan hp menjadi panas. Oleh karena itu, pilihlah casing yang merupakan HP yang dapat mengeluarkan suhu panas.


4. Penggunaan Wifi yang Efektif

Penggunaan Wifi harus cerdik dan efisien. Lebih baik matikan wifi saat tidak digunakan. Cara ini bisa mengurangi panas pada ponsel. Sehingga ponsel bisa lebih awet.


5. Pastikan Fungsi Getar pada HP

Penggunaan fungsi getar pada hp juga akan membuat hp android cepat panas. Oleh karena itu, sebaiknya matikan saja fungsi getar saat tidak diperlukan. Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengurangi panas pada ponsel.


6. Hindari Menggunakan Hotspot

Sama halnya dengan wifi, menggunakan hotspot juga akan menyebabkan ponsel Android Anda cepat panas. Oleh karena itu, Kita harus menghindari penggunaan hotspot di ponsel Android atau tidak menggunakannya jika tidak sedang dalam keadaan terpaksa atau penting. Cara ini simpel dan sangat efektif agar hp tidak cepat panas dan tidak rusak.


7. Hemat Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan memang terkesan tidak ada pengaruhnya terhadap panas HP, namun dengan semakin banyaknya file dan dokumen yang menumpuk maka sistem android akan bekerja lebih berat ketika kita akan memakai file yang tersimpan dikarenakan sistem harus mencari file tersebut dari tumpukan file-file yang tidak terpakai. Caranya dengan menghapus file yang tidak penting atau tidak terpakai. Sehingga ruang penyimpanan masih menyisakan ruang kosong. Jadi Hp bisa bekerja dengan beban yang lebih ringan.


8. Gunakan HP sesuai Spek

Spek HP merupakan tumpuan utama dimana batasan penggunaan HP berada, terkadang suatu HP digunakan secara paksa untuk bermain game yang sebenarnya tidak kuat di HP tersebut, padahal sistem HP dan Playstore biasanya membatasi suatu Game yang tidak dapat berjalan dengan lancar di HP tersebut, namun pengguna HP yang nekad terkadang mengambil jalan pintas berupa instal paksa atau dengan jalan Root agar dapat men tweak Hp yang dimilikinya agar dapat menjalankan Game yang terbatasi tadi, ini adalah hal yang sangat merugikan untuk HP yang akan membuatnya cepat rusak, sekali lagi Hindari jalan Paksa untuk menggunakan Aplikasi ataupun Game yang memang tidak cukup kuat berjalan di HP yang kita miliki karena masih banyak alternatif lain yang bisa dipakai.


9. Hindari penggunaan HP dibarengi pengecasan secara bersamaan

Penggunaan dibarengi pengecasan secara bersamaan membuat HP menjadi jauh lebih cepat panas yang berimbas akan kesehatan baterai yang lebih cepat menurun. HP baru - baru ini telah tersedia dengan fitur quick charge dimana proses pengisian baterai menjadi lebih cepat, hanya dengan waktu minimal satu jam pengecasan saat baterai akan terisi separuh dari kapasitas atau bahkan lebih namun ini tergantung dari spek dan ketentuan yang dikeluarkan dari merek HP yang beredar.


10. Terlalu banyak Aplikasi berjalan

Aplikasi yang berjalan di belakang layar atau Background akan membuat HP menjadi panas karena aplikasi tersebut berjalan terus-menerus.



mengatasi handphone panas

Demikian tips bagaimana cara mengatasi HP android yang cepat panas semoga dapat membantu para pengunjung dan pembaca di blog yang sederhana ini, sekian terimakasih sampai jumpa pada artikel berikutnya.


Posting Komentar untuk "10 Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Terbaru"